seni budaya Bali
Lifestyle

6 Rekomendasi Oleh-oleh Karya Khas Bali

Ingin mencari oleh-oleh khas Bali berupa aksesoris yang berhubungan dengan seni budaya Bali? Ada beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang tepat untuk diberikan kepada keluarga dan teman terdekat. Apa saja? Simak di bawah berikut:

 

Udeng

Udeng adalah ikat kepala khas Bali yang biasa digunakan pada acara keagamaan. Namun seiring berjalannya waktu, udeng bisa digunakan kapan saja, tidak selalu untuk upacara adat. Bagi Anda yang ingin memberikan oleh-oleh kepada pasangan, ayah, kakak lelaki, atau teman, udeng bisa dijadikan pilihan. Udeng dapat ditemukan di pusat oleh-oleh khas Bali atau pasar tradisional.

 

Kain tenun Bali

Bali memiliki kain tenun yang tidak kalah dengan kota-kota penghasil tenun lainnya. Terdapat beberapa jenis kain tenun Bali seperti kain songket, kain cepuk, kain endek, kain kling, dan kain gedongan. Menariknya, kain endek pernah ditampilkan oleh Christian Dior saat Paris Fashion Week 2020 sebagai koleksi busana musim semi dan panas 2021. Beragam kain tenun khas Bali ini bisa Anda temukan dengan mudah di beberapa pusat oleh-oleh dan pasar seni Sukawati.

 

Tas rotan

Fashion item yang satu ini seperti tidak pernah pudar karena selalu disukai dari masa ke masa. Modelnya beragam, mulai dari persegi, persegi panjang, bulat, dan lainnya. Jika Anda ingin membeli tas rotan ini, beberapa pasar di Ubud menjualnya dengan beragam jenis dan harga.

 

Kain pantai

Kain pantai tidak selalu harus digunakan di pantai, lho. Jika dijadikan oleh-oleh, kain ini bisa digunakan sebagai alas duduk, selimut santai, dan bahkan hiasan di atas sofa. Bahannya yang sejuk membuat kain ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit ketika berkunjung ke Bali. Untuk mendapatkannya, Anda bisa ke pusat oleh-oleh khas Bali, pasar tradisional, bahkan penjaja kain Bali di pantai.

 

Batik Bali

Kini penghasil batik tidak hanya dari Pekalongan dan Solo saja, Bali pun memilikinya. Batik Bali memiliki beberapa motif, yakni singo barong, batik buketan, penari Bali, ulamsari, merak abyor hokokai, dan pisan Bali (jagatan pisang). Secara garis besar, batik Bali mempunyai ciri-ciri seperti adanya lambang dari makhluk mitologi yang disebut dalam legenda dan adanya corak lokal berupa burung, bunga kamboja, pemandangan alam, serta keseharian masyarakat Bali.

 

Kerajinan kayu

Masyarakat Bali terkenal dari tangannya yang mahir dan terampil memahat.  Jika Anda tertarik untuk membeli oleh-oleh berupa patung kayu hasil karya seniman Bali, mampirlah ke Gianyar. Kualitas patung pahatan di sana sangat bagus dan terkenal. Di sana, Anda bisa menemukan beragam jenis pahatan kayu dengan ukuran yang berbeda, mulai dari yang kecil, hingga yang besar. Harganya tentu saja tergantung tingkat kesulitan tiap patung yang dihasilkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.