Apa itu bipolar
Sehat

Apa Saja Fakta Menarik Terkait Bipolar Disorder?

Sekarang ini, tidak menutup kemungkinan bahwa hampir setiap individu mempunyai masalah dengan psikisnya. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa sekali pun bisa memiliki gangguan pada suasana hatinya. Disisi lain, perubahan mood, emosi yang sering kali terjadi secara mendadak, dikenal sebagai bipolar disorder.

Inilah Beberapa Fakta Menarik Mengenai Bipolar Disorder yang Harus Anda Ketahui

Apa itu Bipolar disorder merupakan salah satu contoh kondisi seseorang yang memiliki gangguan mental. Penderitanya akan mengalami perubahan suasana hati atau mood secara drastis. Hal ini kerap kali disamakan dengan istilah kepribadian ganda. Untuk membuktikannya, anda dapat memberikan fakta seperti berikut.

  1. Pelu Diingat! Bipolar Disorder Bukanlah Gangguan Kepribadian

Pada dasarnya, bipolar disorder merupakan suatu gangguan yang membuat mood atau suasana hati seseorang berubah dengan ekstrem. Bahkan, ada yang sampai mengakibatkan penderitanya mengalami fase manik dan depresi. Hal itulah yang menjadi alasan dari nama depresi manik.

Sedangkan, fase manik merupakan sebuah masa dimana penderitanya merasa sangat berenergi. Begitupun sebaliknya, saat tahap depresif pasien akan merasa bahwa dirinya berada di titik terendah kehidupan. Oleh sebab itu, hal ini dapat mempengaruhi mood atau suasana hati setiap individu.

  1. Mengalami Depresi yang Hampir Sama dengan Orang yang Memiliki Tekanan Mental Klasik

Seorang direktur program psikosis di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, Dolores Malaspina. Beliau menyampaikan bahwa untuk menentukan tekanan mental yang dialami pasien, perlu melihat riwayat kesehatannya lebih dulu. Sebab,  penderita bipolar disorder mengalami depresi yang sama seperti pada umumnya.

Berikut kami sajikan beberapa tanda dan gejala yang dihadapi oleh pasien penderita bipolar disorder. Pertama, mayoritas pengidap akan mengalami penurunan kinerja serta produktivitas mereka. Kedua, tidak mempunyai semangat untuk melakukan kegiatan seperti biasa, dan masih banyak lagi.

  1. Fase Manik pada Penderita Gangguan Bipolar Mempunyai Semangat yang Berlebih

Bertolak belakang dengan pembahasan pada poin kedua. Kali ini, fakta menarik terkait bipolar disorder ialah pada episode atau fase manik. Dimana pengidap gangguan ini akan merasa sangat bahagia seolah mempunyai semangat penuh untuk melakukan hal apapun.

Sering kali dijumpai, bahwa sebagian besar dari penderita bipolar disorder mengalami fase manik. Disini, anda akan merasa sangat ambisius karena memiliki semangat penuh. Bahkan, berkeinginan untuk melakukan beberapa aktivitas dalam waktu yang sama. Dengan kata lain, berubah menjadi sangat aktif.

  1. Memungkinkan Bagi Penderitanya mengalami Gejala yang Tidak Terlalu Parah

Tidak selalu penderita bipolar disorder menunjukkan dan mengalami gejala perubahan yang sangat ekstrem. Sebagai contoh, ketika anda mengalami hipomania yang merupakan bentuk dari mania yang wajar dan tak terlalu parah. Setiap individu harus bisa menyelesaikan tugasnya dengan mudah.

Selain itu, beberapa dari penderita dari bipolar disorder tidak menyadari akan perubahan yang terjadi. Biasanya, orang-orang tersebut bertindak seolah tak ada apapun yang menandakan bahwa anda menderita gangguan ini.

  1. Mengalami Gejala Manik dan Depresi Dalam Satu Waktu

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan terkait fase manik dan depresi, dimana para penderitanya yang biasanya malas untuk melakukan sesuatu. Namun, saat periode ini terjadi perubahan terhadap perilakunya yang tiba-tiba bergairah untuk menyelesaikan kegiatan.

Tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian besar dari penderita bipolar disorder bisa menghadapi dua fase sekaligus. Seperti contoh, masa manik dan tekanan bisa muncul secara bersamaan. Dimana pasien akan  merasa sedih, berubah menjadi penuh semangat.

Kurang lebih itu tadi pemaparan yang dapat kami sajikan secara ringkas, padat, dan jelas. Penjelasan yang diberikan terkait beberapa fakta menarik  dari bipolar disorder. Disertai dengan beberapa penyebab yang menjadi alasan seseorang mengidap gangguan ini dan apabila ingin melakukan rehabilitasi narkoba hendaknya mengetahui terlebih dahulu tentang biaya rehabilitasi narkoba yang akan dikeluarkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.