Lifestyle

Cara Paling Mudah Untuk Redakan Tenggorokan Gatal

Tenggorokan gatal merupakan kondisi yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kondisi post nasal drip yaitu lendir yang terlalu banyak di saluran nafas atas. Hal tersebut akan membuat dahak seperti menumpuk dan menyebabkan tenggorokan menjadi gatal.

 

Tenggorokan gatal lainnya juga bisa disebabkan oleh penyakit flu dan batuk, efek alergi yang dialami, infeksi, dehidrasi, gerd, dan lainnya. Bagi yang mengalami tenggorokan gatal tersebut bisa ditangani dengan cara-cara yang mudah dilakukan seperti berikut ini:

 

1. Berkumur menggunakan air garam

 

Langkah pertama bagi yang mengalami tenggorokan gatal adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Hal tersebut dilakukan karena gara mempunyai kandungan yang bagus untuk membasmi bakteri. Selain itu, berkumur air garam juga membantu untuk membuat lendir yang menggumpal akan larut sehingga bisa keluar dari tenggorokan.

 

Sehingga dengan berkumur dengan air garam bisa menjadi pilihan dan cara mudah untuk mengatasi gatal tenggorokan yang dialami. Akan tetapi pastikan untuk melakukan berkumur air garam tersebut dengan tepat. Di mana untuk garam yang diperlukan hanya ½ sendok teh saja, dan kemudian baru dimasukkan ke dalam 1 gelas air. Aduk garam tersebut dan gunakan untuk berkumur selama beberapa menit.

 

2. Permen pelega tenggorokan

 

Langkah mudah selanjutnya bagi yang mengalami tenggorokan terasa gatal dan mengganggu adalah dengan menghisap permen yang mempunyai manfaat untuk melegakan tenggorokan. Permen tersebut mudah sekali ditemukan di berbagai tempat, sehingga bisa disediakan untuk melegakan tenggorokan kapanpun dan dimanapun.

 

Permen pelega tenggorokan atau lozenge tersebut membantu untuk merangsang produksi air liur sehingga membuat tenggorokan tetap lembab. Selain itu, produk permen pelega tenggorokan tersebut juga membantu menghilangkan rasa nyeri tenggorokan yang disebabkan oleh tenggorokan kering.

 

3. Menggunakan humidifier

 

Cara selanjutnya untuk mengatasi tenggorokan gatal adalah dengan menggunakan humidifier. Alat tersebut merupakan peralatan yang mempunyai fungsi untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. Sehingga dengan memasang air humidifier akan menjaga suhu agar tidak terlalu kering yang menyebabkan tenggorokan terasa tidak enak.

 

Sehingga, bagi yang mengalami masalah tenggorokan yang sering gatal bisa menggunakan humidifer yang bermanfaat untuk menjaga keadaan suhu di ruangan tetap lembab dan tidak menyebabkan tenggorokan terasa kering dan gatal.

 

4. Menghindari pemicu

 

Cara lainnya yang bisa digunakan adalah dengan menghindari pemicu yang bisa menyebabkan tenggorokan menjadi gatal. Hal tersebut misalnya adalah ketika mengalami tenggorokan tersebut karena efek dari alergi. Sehingga cara mengatasinya adalah dengan menghindari hal yang menjadi sumber alergi yang dipunyai.

 

Seperti menghindari debu, makanan tertentu, obat-obatan, udara kering, bulu binatang, dan juga lainnya. Hal ini akan sangat membantu agar bisa mencegah kondisi tenggorokan tidak mengalami gatal yang mengganggu.

 

Cara terakhir untuk mengatasi tenggorokan yang terasa gatal adalah dengan minum larutan pereda tenggorokan dan panas dalam. Khasiat Adem Sari sudah dipercaya dan digunakan dalam waktu yang lama sebagai minuman untuk meredakan panas dalam, sakit tenggorokan, sariawan, dan juga bisa mengatasi susah buang air besar.

 

Adem Sari merupakan produk dari ENESIS yang mempunyai kandungan ekstrak citrus aurantifolia, vitamin C, ekstrak cinamommum, dan ekstrak lainnya yang sangat bermanfaat untuk salah satunya meredakan tenggorokan gatal. Mengonsumsi Adem Sari secara rutin juga membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga menjaga tubuh tidak mudah sakit. Segera beli Adem Sari di toko terdekat atau juga bisa didapatkan di E-Commerce favorit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.