Contoh Laporan Keuangan
Bisnis

Fungsi dan Tujuan Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan sebuah catatan informasi keuangan dari sebuah perusahaan untuk satu periode tertentu. Laporan keuangan ini bisa dipakai guna mendeskripsikan situasi kinerja dari perusahaan tersebut. Di dalam laporan keuangan, tercantum pencatatan transaksi serta pencatatan uang yang mana terjadi di dalam sebuah bisnis.

Di mana yang di maksud dalam transaksi di sini yaitu merupakan transaksi pembelian, transaksi penjualan ataupun jenis-jenis transaksi usaha lain yang memiliki nilai ekonomi dan juga nilai moneter. Laporan bisnis perusahaan ini umumnya akan dibuat di dalam periode tertentu, entah itu dibuat setiap satu bulan sekali, satu tahun sekali ataupun tiap periode tertentu, tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan.

Umumnya perusahaan akan membuat laporan saat periode akuntansi perusahaan tersebut telah memasuki masa akhir. Saat di sini Anda telah memahami kondisi keuangan dengan laporan yang ada, maka di sini Anda bisa memantau perkembangan bisnis. Informasi terkait macam format laporan keuangan akuntansi itu sendiri tidak hanya dipakai oleh para pemilik ataupun manajemen, namun juga oleh pihak lain yang juga bisa memakainya.

Hal yang paling penting di sini yaitu semua transaksi dicatat dengan akurat, sehingga nantinya laporan keuangan mempunyai perhitungan yang tepat. Hal itu dikarenakan keuntungan perusahaan, kerugian dan juga pembayaran pajak sangat bergantung pada laporan keuangan. Tujuan dan juga fungsi dari keberadaan laporan keuangan itu sendiri bertujuan guna mengetahui bagaimana kondisi keuangan dari perusahaan secara menyeluruh untuk periode tertentu.

Dari hasil laporan tersebut nantinya akan dipakai oleh para pengguna informasi laporan dan juga semua stakeholder yang memiliki kepentingan dengan laporan tersebut. Hasilnya nanti bisa dipakai untuk melakukan evaluasi ataupun melakukan beberapa hal pencegahan jika ternyata disini kondisi keuangan sebuah perusahaan tengah bermasalah atau memerlukan sebuah tindakan.

Adapun untuk pihak-pihak yang berkepentingan dan sering memakai laporan tersebut seperti contohnya kreditor dan investor, pemerintah dan juga masyarakat umum. Untuk lebih mengetahui lagi apa fungsi contoh laporan keuangan, maka berikut ini akan diulas secara lebih lengkap.

Apa Fungsi dan Tujuan Laporan Keuangan?

 

Untuk Melakukan Evaluasi Perkembangan Bisnis

Untuk melakukan proses evaluasi perkembangan sebuah usaha dan juga bisnis, pastinya di sini harus memiliki data acuan yang salah satunya dapat dipakai, yaitu bentuk laporan yang mana di dalamnya berisikan mengenai informasi keuangan perusahaan tersebut.

Dengan memakai data informasi keuangan dari sebuah perusahaan untuk periode tertentu, maka akan terlihat kondisi perusahaan yang sebenarnya. Seperti contohnya dalam laporan laba rugi akan terlihat di sini apakah kondisi perusahaan sedang mengalami keuntungan atau kerugian.

Untuk Menilai Kondisi Bisnis

Tujuan laporan keuangan selanjutnya yaitu untuk bisa menilai kondisi bisnis apakah tengah memerlukan modal tambahan atau tidak. Setelah nantinya diketahui kondisi usaha tersebut tengah mengalami keuntungan atau kerugian, maka akan lebih memudahkan untuk memutuskan perlu adanya modal tambahan atau tidak di dalam usaha tersebut.

Tambahan modal bisa digunakan untuk melakukan ekspansi bisnis supaya nantinya bisnis makin berkembang pesat. Atau bisa juga perusahaan membutuhkan modal tambahan tersebut untuk melakukan penutupan kerugian yang tengah dialami.

Saat ini telah tersedia banyak sekali sumber pembiayaan yang bisa Anda gunakan, salah satunya yaitu peer to peer lending. P2P lending adalah sumber pembiayaan yang laporkan pinjaman bagi Anda yang sangat membutuhkan modal usaha. Peer to peer lending di Indonesia memang banyak sekali dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pembiayaan bagi para pelaku usaha, khususnya di sini UMKM.

Mengajukan proses pinjaman di peer to peer lending memang prosesnya terbilang cepat dan mudah. Karena itu, wajar saja jika Peer to peer lending makin populer dan banyak digunakan, baik itu untuk pinjaman usaha ataupun kebutuhan pribadi.

Sebagai Laporan Pertanggungjawaban

Laporan terkait mengenai informasi keuangan dari sebuah perusahaan umumnya juga dipakai sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban pada banyak stakeholder. Seperti contohnya jika terdapat perusahaan terbuka, investor dan juga pemegang saham akan memakai laporan tersebut untuk melihat kondisi dari perusahaan.

Jadi laporan tersebut merupakan pertanggungjawaban dari sebuah perusahaan guna memberi informasi terkait kondisi perusahaan pada para stakeholder. Ini juga dibuat sebagai bentuk untuk memperlihatkan bahwasannya perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang dapat dipercaya dan juga kredibel.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.