Otomotif

Simak Cara Mengganti Air Radiator yang Mudah

Kenyamanan dan keamanan dalam berkendara ditunjang oleh komponen dari kendaraan yang terawat dengan baik. Seperti radiator yang merupakan komponen penting untuk kelancaran kinerja mesin mobil anda. Radiator mobil memiliki tugas utama dalam mendinginkan suhu mesin untuk mendapatkan temperatur kerja optimal. Menjaga mesin agar tidak terlalu panas terutama pada saat putaran mesin yang tinggi sangatlah penting. Oleh sebab itu, radiator perlu untuk dirawat dan diganti secara rutin.

Merawat komponen mobil secara rutin termasuk radiator sangat penting dilakukan guna kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Cara mengganti air radiator mobil sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya di rumah sendiri dan tidak perlu membawanya ke bengkel. Berikut ini tahapan yang harus dilakukan ketika hendak mengganti radiator.

Pertama, bukalah tutup lubang radiator atas. Selanjutnya buka baut pembuangan radiator yang berada dibawah radiator. Kemudian tunggulah sampai air yang ada di dalam radiator dan mesin terbuang semua. Pastikan jika kondisi mesin masih dingin agar tangan anda tidak cedera ketika melakukan penggantian radiator. Dalam proses penggantian tersebut, lakukan dengan kondisi mesin dalam keadaan menyala.

Langkah berikutnya yaitu dengan menutup kembali baut pembuangan air pada bagian bawah ketika radiator telah habis.  Lalu bukalah baut pembuangan angin jika ada. Langkah selanjutnya yaitu melakukan pengisian radiator dengan cairan pendingin radiator. Ini dilakukan sampai airnya keluar melalui baut pembuangan angin.  Kemudian, tutuplah baut pembuangan angin. Dan biarkan tutup lubang radiator atasnya terbuka. Untuk hal ini pastikanlah posisi AC mati terlebih dahulu baru kemudian hidupkan mesin sampai temperatur menunjuk setengah dan kipas radiator berputar.

Apabila volume air masih dirasa kurang, Anda bisa segera menambahkan air radiator hingga batas maksimal. Baru kemudian menutup kembali lubang radiatornya. Jangan lupa untuk mengecek kondisi tangki cadangan radiator. Apabila kondisi tangki cadangan radiator sudah kotor, maka sebaiknya anda segera melakukan pengurasan. Dan isi kembali dengan cairan radiator yang baru. Pengisian ini perlu dilakukan sampai dengan batas maksimum. Dan selanjutnya tutuplah kembali dengan rapat. Itulah cara mudah mengganti radiator mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Dapatkan berbagai informasi terbaru dan menarik mengenai spare part, aksesoris dan berbagai info seputar dunia otomotif hanya di Seva.id. Ini merupakan layanan online terpercaya yang menghadirkan informasi terkait dengan otomotif hingga properti untuk mempermudah dunia otomotif dan properti. Seva.id tidak hanya memberikan beragam informasi terbaru di bidang otomotif, perjalanan, dan gaya hidup. Seva.id juga menawarkan anda pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.